PROFIL MADRASAH
PROFIL MADRASAH
Latar Belakang Lingkungan Madrasah
1. Sejarah
Awal mula berdirinya MI Manhadlul Islamiyah, tidak ubahnya seperti lembaga-lembaga pendidikan pada umumnya. Meski bukan lembaga pendidikan yang dananya selalu disubsidi oleh pemerintah, lambat laun madrasah ini menjadi pilihan favorit masyarakat Pasuruan .
Pada bulan Juli 1994 mayoritas warga Desa Pajaran sangat minim sekali pendidikan formal sehingga masyarakat Dusun Pejaten Pajaran Rembang memasukkan anaknya yang umur 8 sampai 10 tahun, masih duduk di kelas 1. Akhirnya MI Manhadlul Islamiyah yang berlokasi di Desa Pajaran Rembang Pasuruan yang dulunya hanya menginduk ke lembaga lain yaitu Darul Ulum Rembang satu kelas (sekitar 25 anak), saat ini mencapai 100 siswa serta memilki gedung sendiri. Pada awal berdirinya MI Manhadlul Islamiyah jumlah guru sebanyak 4 orang. Di samping itu juga, saat ini guru MI Manhadlul Islamiyah sebanyak 10 Pendidik dan 1 Tenaga Kependidikan dengan jumlah santri satiap tahun selalu mengalami peningkatan. Kualifikasi asal mula guru belum memiliki Ijazah S1 sekarang 100% sudah Sarjana Strata 1 (S1).
2. Letak Geografis
MI Manhadlul Islamiyah merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama yang beralamatkan di Dusun Pejaten Desa Pajaran Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Adapun lokasi MI Manhadlul Islamiyah terletak titik kooordinat garis lintang -7,683348 garis bujur 112, 788892 pada geografis dataran rendah yang sangat cocok untuk proses belajar mengajar yang terletak di tengah pemukiman penduduk. MI ini dibangun dengan pertimbangan tata letak bangunan yang memberikan kenyamanan untuk belajar. Hal ini dapat di lihat dari tata letak ruang belajar yang agak jauh dari jalan raya sehingga kebisingan dari kendaraan bermotor dan kendaraan umum yang melintasi jalan raya dapat diminimalisir dan siswa tetap belajar dengan nyaman.
Adapun batas-batas dari lokasi MI Manhadlul Islamiyah adalah sebelah utara berbatasan dengan Desa Tampung, sebelah barat berbatasan dengan Desa Kalisat sebelah selatan berbatasan dengan Desa Rebono, sebelah timur berbatasan dengan Desa Karangsono Kecamatan Wonorejo.
IDENTITAS MI MANHADLUL ISLAMIYAH
|
Nama Lembaga Alamat (Desa) Kecamatan Kabupaten Propinsi Kode Pos No.Telepon Nama Yayasan Status Madrasah Status Lembaga MI SK. Kelembagaan NSM NPSN Tahun didirikan/beroperasi Status Tanah Luas Tanah Nama Kepala Madrasah Masa Kerja Kepala Madrasah Status akreditasi No. SK. akreditasi |
: : : : : : : : : : : : : : : : : : : : |
MI Manhadlul Islamiyah Dusun Pejaten Desa Pajaran Rembang Pasuruan Jawa Timur 67152 0856 0434 2409 Roudlotunnajah Milik Yayasan Swasta MI/14.0219/2017 111235140219 60716884 11 Juli 2002 Wakaf 2.080 m2 Moch Cholil,S.PdI 8 Tahun B 761/BAN-SM/SK/2019 |
Sarana Dan Prasarana
Ketersediaan sarana dan prasarana merupakan salah satu komponen penting yang harus terpenuhi dalam menunjang pencapaian tujuan pendidikan. Sarana pembelajaran yang terdapat MI belum cukup memadai. Diantaranya, Madrasah belum menyediakan LCD dan layar proyektor sebagai media pembelajaran yang dipasang di beberapa kelas. Di perpustakan tersedia Al-Qur’an, dan guru PAI juga memberikan Gefa (Gerakan Furudlul Ainiyah) untuk peserta didik. Berikut ini adalah prasarana yang terdapat di MI Manhadlul Islamiyah : bisa dilihat pada table berikut:
Tabel 2.1 : Nama Tabel
|
No |
Prasarana |
Jumlah |
Kondisi |
Keterangan |
|
1. |
Kantor Guru |
1 |
Rusak ringan |
Milik sendiri |
|
2. |
Ruang Kepala Madrasah |
1 |
Rusak ringan |
Milik sendiri |
|
3. |
Ruang Tata Usaha |
0 |
- |
- |
|
4. |
Ruang kelas |
6 |
Baik |
Milik sendiri |
|
5. |
Aula |
0 |
- |
- |
|
6. |
Masjid |
1 |
Baik |
Milik yayasan |
|
7. |
Perpustakaan |
1 |
Baik |
Milik sendiri |
|
8. |
Laboratorium Komputer |
1 |
Baik |
Milik sendiri |
|
9. |
Toilet Guru |
2 |
Baik |
Milik sendiri |
|
10 |
Toilet Siswa |
4 |
Rusak ringan |
Milik sendiri dan yayasan |
|
11. |
Kantin |
1 |
Rusak ringan |
Milik sendiri |
|
12 |
Gudang |
1 |
Rusak ringan |
Milik sendiri |
|
13 |
Tempat Parkir |
1 |
Rusak Ringan |
Milik sendiri |
|
14 |
UKS |
1 |
Rusak Ringan |
Milik sendiri |
Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Kegiatan belajar mengajar di MI Manhadlul Islamiyah di selenggarakan pada waktu pagi hari, dimulai pada pukul 07.00 – 12.10 WIB, menyadari sangat pentingnya tenaga kependidikan dan keberhasilan proses belajar mengajar, lembaga pendidikan ini benar–benar memperhatikan mutu guru. Hal ini dibuktikan dengan tenaga pengajar yang mengajar di lembaga ini yaitu semua guru berlatar belakang pendidikan. Jumlah tenaga seluruhnya ada 10 orang guru dan 1 orang Tenaga Kependidikan.
Adapun Daftar Nama Guru MI Manhadlul Islamiyah tahun 2023/2024 adalah sebagai berikut:
Tabel 2.2 : Nama Tabel
|
Nama Guru |
Pendidikan Terakhir |
Jabatan |
Status Kepegawaian |
Sertifikasi |
|
|
Ada |
Tidak |
||||
|
Moch.Cholil, S.PdI |
S1 |
Kepala |
GTY |
√ |
|
|
Ely Hariyanto, S.Pd.SD |
S1 |
Guru kelas |
DPK |
√ |
|
|
Mukhammad Kosim, S.PdI |
S1 |
Guru mapel |
GTY |
√ |
|
|
M. Imron Kholil, S.Pd |
S1 |
Guru mapel |
GTY |
|
|
|
Mawaddah, S.Pd |
S1 |
Guru kelas |
GTY |
√ |
|
|
Mulyadi, S.Pd |
S1 |
Guru penjas |
GTY |
√ |
|
|
Siti Mahmudah, S.Pd.SD |
S1 |
Guru kelas |
GTY |
√ |
|
|
Usman, S.Pd |
S1 |
Guru kelas |
GTY |
√ |
|
|
Yuliata Azizah, S.Pd. |
S1 |
Guru kelas |
GTY |
√ |
|
|
Ummi Hanik |
S1 |
Tendik |
GTY |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peserta Didik
Di MI Manhadlul Islamiyah pada tahun pelajaran 2023/2024, jumlah siswa secara keseluruhan adalah 98 siswa, yang terdiri dari 53 laki-laki dan 45 perempuan.
Tabel 2.3 : Nama Tabel
|
Kelas |
Laki-laki |
Perempuan |
Jumlah |
|
I |
10 |
11 |
21 |
|
II |
7 |
4 |
11 |
|
III |
10 |
1 |
11 |
|
IV |
9 |
14 |
23 |
|
V |
9 |
13 |
22 |
|
VI |
7 |
9 |
17 |
|
Jumlah |
52 |
52 |
104 |
ANALISIS KONTEKS
Kelebihan
- Lembaga pendidikan islam Madrasah Ibtidaiyah Manhadlul Islamiyah Pajaran Rembang yang berada dibawah naungan yayasan Pondok Pesantren Roudlotunnajah yang telah berpengalaman mengelola pendidikan Islam.
- Letak madrasah sangat strategis, karena berada ujung desa yang berbatasan dengan wilayah 2 kecamatan lain.
- Kualitas sumber daya manusia cukup memadai, baik itu pendidik, ahli agama islam, ahli dalam organisasi, dan tenaga penunjang pendidikan lainya.
- Salah satunya lembaga pendidikan islam tingkat dasar yang berada di Desa Pajaran Kecamatan Rembang.
- Peran serta orang tua terhadap kesejahteraan lembaga pendidikan dan proses pendidikan.
- Mempunyai calon peserta didik yang pasti, yaitu dari TK Al Amin Pajaran.
- Mempunyai lembaga pendidikan satu atap lanjutan yang pasti, yaitu Madrasah Tsanawiyah Ar Roudloh Pajaran.
- Kerjasama yang baik antara madrasah, komite madrasah, dan wali murid.
- Mempunyai sumber pembiayaan lain dari Usaha Koperasi Madrasah yang mempunyai usaha fotocopy dan infaq rutin dari peserta didik untuk tambahan operasional.
- Madrasah sudah membentuk Tim Pengembang Kurikulum Madrasah.
- Madrasah menyusun KTSP tahun pelajaran 2023/2024 yang sudah disahkan dengan melibatkan Pengawas, Perwakilan Pengurus Yayasan, Komite, Kepala Madrasah, Guru, dan Kenaga Kependidikan.
- Sebanyak 75% guru menyusun perangkat pembelajaran sesuai kurikulum 2013
- Madrasah belum meiliki jumlah buku yang sesuai dengan standard minimal 1 anak 1 buku untuk mapel PAI dan tematik.
- Semua guru sudah berpendidikan S1 atau D4.
- Siswa perkelas di madrasah tidak melebihi standar maksimal.
- Madrasah menyusun dan melaksanakan program GERAMM/
- Madrasah memiliki program unggulan yaitu Madrasah Literasi
- Sebanyak 90% guru melaksanakan peniliaian afektif, kognitif, dan psikomotor.
Komentar
1
1
1
1
1
1
1
1
1
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
VISI dan MISI MIS MANHADLUL ISLAMIYAH
Visi " Unggul dalam prestasi, islami, disiplin, dan peduli" Indikator Visi : Unggul : Prestasi baik akademin dan non

1